Arifin, Arifin (2012) Pengelolan Penilaian Portofolio Mata Pelajaran Pendidikan Agama di SD Negeri 6 Boja Kabupaten Kendal. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_Halaman_Depan.pdf Download (141kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I_PENDAHULUAN.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II_LANDASAN_TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_PAPARAN_DATA_DAN_TEMUAN_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI_PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (69kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
01.1_Naskah_Publikasi_Ringkasan_Tesis.pdf Download (241kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Perencanaan Portofolio pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 6 Boja Kabupaten Kendal; (2) Pelaksanaan penilaian portofolio pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD 6 Boja Kabupeten Kendal; (3) Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam penilaian portofolio pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 6 Boja Kabupeten Kendal; (4) Usaha-usaha yang dilakukan guru untuk meningkatkan penilaian portofolio pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 6 Boja Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Penelitian ini dilakasanakan di Kabupaten Kendal.Subyek penelitian adalah kepala sekolah dan guru pendidikan agama Islam.Metode pegumpulan data menggunakan observasi,wawancara,dan dokumentasi.Tehnik analisa data diawali dari: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) pengambilan kesimpulan. Keabsahan hasil penelitian Pengelolaan Penilaian Portofolio Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 6 Boja Kabupaten Kendal sebagai berikut : (1) Perencenaan penilaian portofolio mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 6 Boja mencakup standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasaran ,pengelolaan ,pembiayaan dan penilaian pendidikan. (2) Pelaksanaan penilaian portofolio pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 6 Boja Kabupaten Kendal dimaknai sebagai proses untuk mendapatkan informasi tentang prestasi atau kinerja peserta didik.Hasil penilaian digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap ketuntasan belajar peserta didik dan efektivitas proses pembelajaran. (3) Kendala-kendala guru dalam penilasian portofolio pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 6 Boja Kabupaten Kendal berupa (a) guru memiliki kecendrungan memperhatikan pencapaian akhir; (b) guru dan siswa terjebak dalam suasana hubungan top-down; (c) penyediaan format-format yang digunakan secara lengkap dan detil juga menjebak,karena siswa akan terjerumus ke dalam suasana yang kaku dan mematikan kreativitasnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Portofolio Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 May 2012 06:10 |
Last Modified: | 28 May 2012 15:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18855 |
Actions (login required)
View Item |