Supriyati, Anastasia (2012) Pendayagunaan Media Pembelajaran IPA Pola SEQIP di SD Negeri Tidar 1 Magelang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (272kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengadaan media pembelajaran IPA pola seqip di SD Negeri Tidar 1 Magelang, (2) penggunaan media pembelajaran IPA pola seqip di SD Negeri Tidar 1 Magelang, (3) perawatan media pembelajaran IPA pola seqip di SD Negeri Tidar 1 Magelang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain etnografi yang dilaksanakan di SD Negeri Tidar 1 Magelang. Nara sumber dalam penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yang diawali dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Keabsahan data meliputi tingkat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengadaan media pembelajaran IPA pola seqip diterima dari proyek seqip yang sudah terkondisikan dengan materi pembelajaran yang dikemas dalam KIT yang terdiri dari KIT guru dan KIT siswa. Media pembelajaran IPA pola seqip dibuat untuk menunjang materi pembelajaran siswa kelas III, IV, V, dan VI. Bahan dan bentuk media pembelajaran IPA pola Seqip disesuaikan dengan materi. Pengadaan barang juga dilakukan dari kegiatan pengambangan yang dilakukan guru dengan membuat media pembelajaran atau alat peraga; (2) Penggunaan media pembelajaran diawali dengan pengecekan dan pengujian terhadap media sebelum didemonstrasikan. Dalam penggunaan media, guru memberikan pejelasan mengenai bagian-bagian peralatan dan petunjuk penggunaan media. Penggunaan media oleh siswa dilakukan secara berpasangan di bawah bimbingan dan pengawasan langsung dari guru. Dengan penggunaan media pembelajaran IPA pola seqip, materi yang memiliki kompleksitas tinggi menjadi lebih mudah untuk dipahami dan dapat meningkatkan keaktifan siswa melalui pembelajaran praktek; (3) Perawatan media pembelajaran IPA pola seqip terdiri dari perawatan rutin, perawatan preventif, dan perawatan insidental. Perbaikan sebagai bagian dari kegiatan perawatan dilakukan oleh guru dengan berpedoman pada buku petunjuk perawatan media yang diberikan oleh proyek seqip. Perbaikan terhadap media pembelajaran yang mengalami kerusakan berbeda-beda sesuai dengan karakteristik media dan kerusakannya. Kegiatan perawatan didukung dengan adanya modul dan pemberian tool-set dari proyek seqip.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pola seqip, media, penggunaan media |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 28 May 2012 06:08 |
Last Modified: | 28 May 2012 15:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18854 |
Actions (login required)
View Item |