Sutomo, Sutomo (2012) Pengelolaan Sekolah Efektif (Studi Situs Di SMK PGRI 1 Pacitan). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf Download (223kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
PDF (BaB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang pengelolaan sekolah efektif studi situs di SMK PGRI 1 Pacitan. Adapun yang menjadi tujuan secara khusus dalam penelitian adalah sebagai berikut :Untuk mengetahui ciri-ciri pengelolaan sekolah efektif yang dikembangkan di SMK PGRI 1 Pacitan, Untuk mengetahui ciri-ciri pelaksanaan sekolah efektif yang berkembang di SMK PGRI 1 Pacitan. Berdasarkan tujuan diatas maka yang merupakan sekolah efektif adalah keseluruhan komponen sekolah yang melaksanakan manajemen sekolah secara keseluruhan. Sekolah efektif, yang dikembangkan secara khusus bagi perserta didik yang memiliki kemampuan dan kecerdasan unggul, baik dalam hal potensi intelektual maupun bakat khusus yang bersifat keterampilan, akan dapat dipupuk dan dikembangkan secara optimal. Sehingga, upaya menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dicapai dalam waktu yang relatif lebih cepat guna menopang tercapainya pembangunan nasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi adapun lokasi penelitian ini pada SMK PGRI 1 Pacitan, penentuan tempat penelitian dimaksud, karena sekolah SMK PGRI 1 Pacitan merupakan salah satu sekolah PGRI yang cukup representatif di Kabupaten Pacitan dalam arti semua elemen yang berada dalam sekolah secara umum sudah terpenuhi sesuai dengan standart umum bagi sekolah SMK dalam rangka melaksanakan pengelolaan sekolah efektif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengelolaan sekolah efektif yang dikembangkan pada SMK PGRI 1 Pacitan memiliki standar indikator apabila murid-muridnya dinilai setiap tahun oleh pihak yang independen maka skor penilainannya selalu meningkat. Peningkatan pembelajaran ini merupakan esensi dari eksistensi lembaga pendidikan. Dari peningkatan pembelajaran ini, sekolah dengan lingkup yang kondusif dengan pola manajerial yang mapan memunculkan suatu bentuk sekolah dengan pendidikan yang efektif, kualitas /mutu pendidikan yang memuaskan. Dengan demikian dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar, mengurangi perilaku yang tidak tepat sehingga mempertinggi fungsi atau kegunaan waktu pembelajaran yang merupakan faktor penting dalam membentuk sekolah efekti.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, sekolah efektif, peningkatan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 May 2012 05:08 |
Last Modified: | 28 May 2012 16:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18849 |
Actions (login required)
View Item |