Pengelolaan Sarana Pembelajaran IPA Di SMP N 1 Jepon Kabupaten Blora

Sulistini, Sulistini (2012) Pengelolaan Sarana Pembelajaran IPA Di SMP N 1 Jepon Kabupaten Blora. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1_sulistini_COVER_LGKP.pdf

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2_BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
3_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab III)
4_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab VI)
7_BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik pengelolaan sarana pembelajaran IPA yang digunakan di dalam kelas, di laboratorium dan di lapangan di SMP N 1 Jepon, Kabupaten Blora. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat alami dimana peneliti terlibat dalam kegiatan penelitian secara langsung. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Jepon, Kabupaten Blora yang mempunyai sarana pembelajaran IPA secara lengkap dan dikelola dengan baik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 1) observasi, 2), wawancara mendalam, 3) dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yang merupakan kesatuan proses, yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data berdasarkan empat teknik pemeriksaan, yaitu derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian adalah 1) Guru mempersiapkan pembelajaran di dalam kelas dan mengidentifikasi kebutuhan peralatan yang akan digunakan dalam pembelajaran, berkoordinasi dengan laboran untuk meminjam peralatan, mengecek dan mencoba peralatan, melaksanakan eksperimen maupun demonstrasi, kemudian mengembalikan peralatan ke laboratorium. 2) Guru menyesuaikan jadwal penggunaan laboratorium dengan materi, berkoordinasi dengan laboran untuk melaksanakan pembelajaran di dalam laboratorium, melaksanakan praktikum dan merapikan kembali peralatan yang digunakan untuk praktikum, 3) Guru berkoordinasi dengan laboran untuk meminjam peralatan yang akan digunakan dalam pembelajaran di lapangan, mengecek dan mencoba peralatan, menggunakan peralatan untuk melakukan demonstrasi dan pengamatan, dan mengembalikan peralatan yang sudah digunakan ke dalam laboratorium. Saran dalam penelitian ini adalah 1) kepala sekolah menambah dan melengkapi sarana pembelajaran sehingga dapat digunakan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, 2) guru menggunakan sarana pembelajaran yang tersedia sehingga kegiatan pembelajaran menjadi menarik, 3) peserta didik dapat terlibat dalam kegiatan pembelajaran secara aktif sehingga memahami materi dengan lebih baik, 4) peneliti lanjutan dapat mengembangkan hasil penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, sarana, pembelajaran, kelas, laboratorium, lapangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 May 2012 04:22
Last Modified: 28 May 2012 16:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18847

Actions (login required)

View Item View Item