Wahyuningsih, Ruti (2012) Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Pemberdayaan Guru Di SMP Negeri 3 Kedungjati. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (384kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_PDF.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI_PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_PDF.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_FOTO_PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan ciri-ciri gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pemberdayaan guru di SMP Negeri 3 Kedungjati, (2) Untuk mendeskripsikan ciri-ciri strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam pemberdayaan guru di SMP Negeri 3 Kedungjati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian etnografi. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Kedungjati, yang beralamat di desa Padas, Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan. Informan adalah kepala sekolah, guru dan komite sekolah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data tertata dalam situs untuk diskripsi. Hasil penelitian ini (1) ciri-ciri gaya kepemimpinan kepala sekolah berbasis pemberdayaan guru, dilakukan dengan cara memberikan semangat kerja kepada guru, dan memberikan contoh yang baik kepada guru, kepala sekolah beranggapan bahwa pendidikan yang baik dimulai dari diri kita sendiri, dengan demikian kepala sekolah dapat dijadikan sebagai panutan oleh guru. Kepala sekolah memandang guru sebagai teman kerja yang penting, Kepala sekolah menjalin hubungan yang baik meskipun dengan guru yang baru. Kepala sekolah mempunyai kepribadian yang menarik, kompetensi dan kredibilitas yang tinggi dan juga kepala sekolah memiliki kemampuan memberi apresiasi dan penghargaan pada guru yang berprestasi. (2) ciri-ciri strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam pemberdayaan guru adalah dengan memberikan motivasi kepada setiap guru, dan memberikan kesempatan pada guru untuk secara formal melanjutkan pendidikan lebih tinggi. Pembinaan yang dilakukan kepala sekolah dilaksanakan secara non-formal antara lain guru mengikuti kegiatan internal.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kepemimpinan dan Strategi Kepemimpinan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 May 2012 11:25 |
Last Modified: | 25 May 2012 11:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18842 |
Actions (login required)
View Item |