Delan, Delan (2012) Pelayanan Pembelajaran Inklusi Di SD Negeri 2 Sengi Kecamatan Dukun Magelang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (151kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
SD Negeri 2 Sengi merupakan salah satu sekolah dasar yang memberikan layanan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus yaitu lamban belajar. Tujuan diadakan Pendidikan Inklusi adalah untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yang berkelainan, dapat belajar bersama anak lain atau normal sepanjang hari dikelas reguler dengan menggunakan kurikulum yang sama demikian pula anak yang berbakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik pelayanan akademik dalam pembelajaran inklusi di SD Negeri 2 Sengi kecamatan Dukun Magelang; (2) karakteristik pelayanan non akademik dalam pembelajaran inklusi di SD Negeri 2 Sengi kecamatan Dukun Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnogarfi. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Sengi kecamatan Dukun Magelang. Nara sumber dalam penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yang diawali dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Keabsahan data meliputi tingkat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependabibility), dan kepastian (confirmability) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelayanan akademik dalam pembelajaran inklusi diantaranya (a) penyusunan rencana pembelajaran yang diindividualisasikan, (b) penggunaan strategi khusus berupa pemberian materi pengulangan bagi siswa yang lamban belajar, (c) pemberian kesempatan yang sama kepada siswa untuk meningkatkan keaktifan dalam belajar, (d) pemberian layanan remedial diarahkan pada penguasaan bahan ajar atau materi pembelajaran, (e) pemberian pemahaman tentang pembentukan kesadaran diri dan orang lain serta bagaimana bersikap positif, (f) penentuan KKM khusus untuk siswa inklusi; (2) Pelayanan non akademik dalam pembelajaran inklusi meliputi (a) layanan berupa pendidikan life skill, (b) penyediaan sarana dan prasaran penunjang pembelajaran inklusi, (c) penyediaan dana untuk pengembangan bakat siswa inklusi, (d) peningkatan kualitas tenaga pendidik pembelajaran inklusi, (e) menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan orang tua siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inklusi, akademik, non akademik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 May 2012 10:31 |
Last Modified: | 25 May 2012 12:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18831 |
Actions (login required)
View Item |