Riskiati, Riskiati (2012) Penerapan Model Pembelajaran Arias (Assurance,Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction) Dengan Media Flash Movie Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Organisasi Kehidupan Pada Siswa Kelas VIIC SMPN 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (86kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._B_A_B__1.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
04._B_A_B__2.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab III)
05._B_A_B__3.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._B_A_B__4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
07._B_A_B__5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIC SMPN 2 Colomadu Karanganyar dengan menerapkan model pembelajaran ARIAS dengan media Flash movie pada siswa yang berjumlah 32. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari hasil tes siswa dan observasi. Hasil belajar siswa dengan penggunaan model ARIAS dengan media Flash movie pada siklus I siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 24 (75%) siswa. Pada siklus II siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) meningkat menjadi 31 (96,87%) siswa, peningkatan hasil belajar kognitif siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 21,87%. Untuk aspek afektif yang ditinjau dari keaktifan siswa saat proses pembelajaran mengalami peningkatan dari putaran I sebesar 10,71 termasuk dalam kategori cukup berminat, sedangkan pada putaran II sebesar 13,15 termasuk dalam kategori berminat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARIAS dengan media Flash movie dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIC SMPN2 Colomadu Karanganyar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A420/2012-07 |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran ARIAS, Flash movie, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 16 May 2012 08:23 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 09:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18717 |
Actions (login required)
View Item |