Program “Pasti Pas!” Sebagai Strategi Pencitraan (Studi Deskriptif Kualitatif Implementasi Program Pasti Pas Oleh Spbu Di Sepanjang Jalan Solo-Jogja Wilayah Klaten Dalam Rangka Komunikasi Pemasaran Dan Pencitraan Pt. Pertaminatahun 2011)

SUBECHI , ANDI AZIZ (2012) Program “Pasti Pas!” Sebagai Strategi Pencitraan (Studi Deskriptif Kualitatif Implementasi Program Pasti Pas Oleh Spbu Di Sepanjang Jalan Solo-Jogja Wilayah Klaten Dalam Rangka Komunikasi Pemasaran Dan Pencitraan Pt. Pertaminatahun 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (167kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)

Abstract

SPBU (Stasiun pengisian bahan bakar umum) merupakan tempat pengisian bahan bakar bagi kendaran bermotor. Banyaknya kendaraan bermotor saat ini menuntut penyediaan bahan bakar (BBM) yang mencukupi. Hal ini menyebabkan banyaknya tempat pengisian BBM atau SPBU bermunculan salah satunya adalah di jalan Solo-Jogja. Jalan yang dikenal sebagai jalur segitiga emas JOGLOSEMAR (Jogja-Solo-Semarang). Tetapi diera persaingan bebas ini muncul ancaman dari pesaing yaitu perusahaan minyak asing. Oleh karena itu, untuk mengatasi ancaman ini Pertamina mengeluarkan standar pelayanan baru untuk SPBU, yakni dengan SPBU “Pasti Pas!”. Seain sebagai upaya mempertahankan diri program pasti pas yang diciptakan pertamina merupakan suatu strategi komunikasi pemasaran pertamina dalam menciptakan citra positif dimata masyarakat. SPBU wajib menjalankan aturan-aturan yang distandarkan oleh Pertamina. Penelitian ini mengangkat tentang bagaimana implementasi program pasti pas sebagai strategi komunikasi pemasaran dan pencitraan dengan lokasi penelitian adalah SPBU di sepanjang jalan Solo-Jogja wilayag Klaten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi program pasti pas di SPBU sepanjang jalan Solo-Jogja wilayah klaten dan untuk mengetahui kegiatan komunikasi pemasaran melalui program pasti pas serta untuk mengetahui bagaimana citra Pertamina. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Langkah-langkah analisis data yaitu wawancara, observasi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa program pasti pas yang meliputi 3S(senyum, sapa, salam), kualitas dan kuantitas produk serta fasilitas tambahan SPBU sudah diimplementasikan dengan cukup baik oleh SPBU di sepanjang jalan Solo-Jogja wilayah Klaten. Implementasi program pasti pas ikut mendukung upaya komunikasi pemasaran PT. Pertamina bentuk kegiatan komunikasi pemasaran melalui program pasti pas ini adalah personal selling, publikasi dan internet. Implementasi program pasti pas menjadikan image masyarakat terhadap PT. Pertamina dan SPBU sangat positif sehingga progam ini dianggap berhasil membangun citra PT. Pertamina da SPBU.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak L100/2012-17
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pasti Pas, Komunikasi Pemasaran, Citra
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 11 May 2012 10:30
Last Modified: 13 Jul 2012 10:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18659

Actions (login required)

View Item View Item