Winarti, Wiwin (2012) Penerapan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Struktur Kalimat Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Karangrejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (36kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman struktur kalimat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 01 Karangrejo Tahun 2010/2011. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV di SD Negeri 01 Karangrejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan dokumentasi, observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah model siklus yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I siswa yang belum tuntas adalah 9 siswa atau 30 %, sedangkan siklus II menurun tinggal 5 siswa atau 17%. Sedangkan kondisi siklus II belum dapat tercapai ketuntasan sebagaimana indikator kinerja yang ditentukan, maka dilakukanlah siklus III dengan hasil ketuntasan 28% atau 94 % berdasarkan KKM yang ditetapkan 70,00 pada jumlah keseluruhan siswa kelas IV di SD Negeri 01 Karangrejo. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa” Penerapan Pendekatan Komunikatif Dapat Meningkatkan Pemahaman Struktur Kalimat Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 01 Karangrejo Tahun 2010/2011”.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan komunikatif, meningkatkan pemahaman struktur kalimat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 May 2012 05:48 |
Last Modified: | 07 May 2012 13:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18547 |
Actions (login required)
View Item |