Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Dengan Teknik Pengajaran Mengarang Bersama Melalui Media Gambar Seri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Kleco 2 Tahun 2011/2012

Sari, Luky Charistya Ika (2012) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Dengan Teknik Pengajaran Mengarang Bersama Melalui Media Gambar Seri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Kleco 2 Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan dengan teknik pengajaran mengarang bersama melalui media gambar seri pada peserta didik kelas IV SD Negeri Kleco 2 Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data adalah observasi aktifitas peserta didik dan guru, tes, dan dokumentasi. Data analisis dengan menggunakan teknis deskriptif kualitatif, yang salah satu modelnya adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data atau pelaporan, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas IV SD Negeri Kleco 2 Surakarta. Hasil tindakan kelas ini melalui dua siklus: I dari 29 peserta didik yang masuk terdapat 14 peserta didik (48%) yang mendapatkan nilai >66, sesuai KKM. Pada siklus ke II peserta yang masuk 29, dari peserta didik tersebut 22 peserta didik (76%) yang mendapat nilai >66, sesuai KKM. Dari data tersebut ada kenaikan 28% dari siklus I. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi teknik pengajaran mengarang bersama melalui media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan pada peserta didik kelas IV SD Negeri Kleco 2 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, Teknik Pengajaran Mengarang Bersama, Media Gambar Seri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 May 2012 05:12
Last Modified: 07 May 2012 14:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18542

Actions (login required)

View Item View Item