Desain Motor Untuk Sepeda Listrik

SIREGAR, OBIL PARULIAN (2012) Desain Motor Untuk Sepeda Listrik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat motor untuk sepeda listrik menggunakan magnet permanen dan mengetahui karakteristik hasil output RPM dari motor tersebut. Desain Motor Untuk Sepeda Listrik ini, pada bagian rotornya menggunakan magnet permanen sebanyak 3 buah dengan ukuran 6 cm x 2,5 cm x 1,2 cm dan inti besi sebanyak 3 buah dengan ukuran yang sama dengan magnet permanen. Pada bagian statornya menggunakan baut baja sebanyak 12 buah dengan jumlah 400 lilitan dan diameter kawat email 0,45 mm. Motor yang digunakan dalam penelitian ini adalah motor stepper dengan 4 langkah dan telah terintegrasi dengan generator magnet permanen. Cara kerja motor stepper yaitu mememanfaatkan gaya tarik magnet, arus yang mengalir pada setiap lilitan hanya sesaat sehingga bentuk arusnya berupa pulsa. Rotor berputar karena pulsa yang bergantian. Kecepatan putar rotor ditentukan oleh kecepatan perpindahan pulsa dan sudut putaran sebanding dengan banyaknya pulsa yang diberikan. Pengujian motor pada saat tanpa beban dan dibebani roda sepeda serta pully 2,8 kg. Untuk mengatur kecepatan putaran motor menggunakan potensiometer pada rangkaian pengendali motor steppernya. Hasil dari pengukuran tegangan pada sumber (akumulator) adalah 12 volt. Namun tegangan pada terminal adalah 5 volt, tegangan ini adalah tegangan dari rangkaian pengendali motor steppernya. Arus yang ditarik motor pada saat pengujian hampir sama, dari catu daya yang disuplai pada saat akumulator dalam kondisi penuh (full). Pada saat starting kecepatan minimum adalah 2,4 A dan pada saat running kecepatan maksimum adalah 1,9 A. Pada motor ini arus mengalami penurunan pada saat RPM berubah-ubah dengan skala tertentu, semakin tinggi RPM semakin kecil arus yang ditarik oleh motor.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak D400/2012-04
Uncontrolled Keywords: Magnet Permanen, Motor Stepper, RPM
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 May 2012 05:29
Last Modified: 28 Jun 2012 04:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18431

Actions (login required)

View Item View Item