SIREGAR, OBIL PARULIAN (2012) Desain Motor Untuk Sepeda Listrik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (234kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (863kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan membuat motor untuk sepeda listrik menggunakan magnet permanen dan mengetahui karakteristik hasil output RPM dari motor tersebut. Desain Motor Untuk Sepeda Listrik ini, pada bagian rotornya menggunakan magnet permanen sebanyak 3 buah dengan ukuran 6 cm x 2,5 cm x 1,2 cm dan inti besi sebanyak 3 buah dengan ukuran yang sama dengan magnet permanen. Pada bagian statornya menggunakan baut baja sebanyak 12 buah dengan jumlah 400 lilitan dan diameter kawat email 0,45 mm. Motor yang digunakan dalam penelitian ini adalah motor stepper dengan 4 langkah dan telah terintegrasi dengan generator magnet permanen. Cara kerja motor stepper yaitu mememanfaatkan gaya tarik magnet, arus yang mengalir pada setiap lilitan hanya sesaat sehingga bentuk arusnya berupa pulsa. Rotor berputar karena pulsa yang bergantian. Kecepatan putar rotor ditentukan oleh kecepatan perpindahan pulsa dan sudut putaran sebanding dengan banyaknya pulsa yang diberikan. Pengujian motor pada saat tanpa beban dan dibebani roda sepeda serta pully 2,8 kg. Untuk mengatur kecepatan putaran motor menggunakan potensiometer pada rangkaian pengendali motor steppernya. Hasil dari pengukuran tegangan pada sumber (akumulator) adalah 12 volt. Namun tegangan pada terminal adalah 5 volt, tegangan ini adalah tegangan dari rangkaian pengendali motor steppernya. Arus yang ditarik motor pada saat pengujian hampir sama, dari catu daya yang disuplai pada saat akumulator dalam kondisi penuh (full). Pada saat starting kecepatan minimum adalah 2,4 A dan pada saat running kecepatan maksimum adalah 1,9 A. Pada motor ini arus mengalami penurunan pada saat RPM berubah-ubah dengan skala tertentu, semakin tinggi RPM semakin kecil arus yang ditarik oleh motor.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak D400/2012-04 |
Uncontrolled Keywords: | Magnet Permanen, Motor Stepper, RPM |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 May 2012 05:29 |
Last Modified: | 28 Jun 2012 04:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18431 |
Actions (login required)
View Item |