Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B Di TK Islam Bakti VIII Sriwedari Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

WULANDARI, AAM SRI (2012) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B Di TK Islam Bakti VIII Sriwedari Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara pada anak kelompok B TK Islam Bakti VIII Sriwedari melalui cerita bergambar. Keterampilan berbicara perlu ditingkatkan, sebab ketrampilan berbicara sebagai salah satu cara berkomunikasi untuk menyampaikan kehendak, kebutuhan perasaan, dan keinginan kepada orang lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian dan informan dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B di TK Islam Bakti VIII Sriwedari Surakarta tahun ajaran 2011/ 2012. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara melalui observasi dan catatan lapangan, sedangkan pembelajaran guru dengan metode observasi, catatan lapangan serta dokumentasi. Tehnik analisis komparatif yaitu membandingkan kemampuan anak dari hasil penelitian dengan indikator pencapaian/kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan berbicara anak sebelum tindakan sampai dengan siklus III menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan sebesar 47,88%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 65,14%, siklus II mencapai 73,92%, dan siklus III mencapai 86,48%. Berdasarkan analisis dapat diketahui bahwa melalui cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Cerita Bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 May 2012 10:40
Last Modified: 01 May 2012 10:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18424

Actions (login required)

View Item View Item