WULANDARI, AAM SRI (2012) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B Di TK Islam Bakti VIII Sriwedari Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (177kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara pada anak kelompok B TK Islam Bakti VIII Sriwedari melalui cerita bergambar. Keterampilan berbicara perlu ditingkatkan, sebab ketrampilan berbicara sebagai salah satu cara berkomunikasi untuk menyampaikan kehendak, kebutuhan perasaan, dan keinginan kepada orang lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian dan informan dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B di TK Islam Bakti VIII Sriwedari Surakarta tahun ajaran 2011/ 2012. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara melalui observasi dan catatan lapangan, sedangkan pembelajaran guru dengan metode observasi, catatan lapangan serta dokumentasi. Tehnik analisis komparatif yaitu membandingkan kemampuan anak dari hasil penelitian dengan indikator pencapaian/kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan berbicara anak sebelum tindakan sampai dengan siklus III menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan sebesar 47,88%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 65,14%, siklus II mencapai 73,92%, dan siklus III mencapai 86,48%. Berdasarkan analisis dapat diketahui bahwa melalui cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara, Cerita Bergambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 May 2012 10:40 |
Last Modified: | 01 May 2012 10:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18424 |
Actions (login required)
View Item |