Ayu, Devi Kusumaning (2012) Penerapan Metode TGT (Team Game Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (299kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif maupun aspek afektif pada materi ekosistem kelas VII A SMPN 3 Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan metode TGT (Team Game Tournament). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi yang terlaksana sebanyak 2 siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan 3 langkah, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Sumber data diperoleh dari hasil belajar siswa (aspek kognitif) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dan kolaborator. Penelitian ini diawali menyampaikan materi dengan metode TGT yang diakhiri kesimpulan dan pelaksanaan post-test setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar disetiap siklus. Indikator pencapaian sebesar 75%. Banyaknya siswa yang tuntas KKM (> 70) sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (28,13%), siklus I meningkat menjadi 18 siswa (56,25%) dan pada sikus II sebesar 28 siswa (87,50%). Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 5,76 meningkat pada siklus I yaitu 7,20 dan pada siklus II menjadi 8,12. Rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif dari penskoran indikator, skor nilai pada siklus I adalah 10,63 (kurang berminat), dan meningkat pada siklus II dengan skor nilai 15,44 (berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode TGT (Team Game Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan afektif pada materi ekosistem kelas VII A SMPN 3 Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2011/2012
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar kognitif, afektif, Team Game Tournament (TGT), ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 01 May 2012 08:38 |
Last Modified: | 01 May 2012 08:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18417 |
Actions (login required)
View Item |