Ambarsari, Dessi (2012) Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Sebagai Upaya Peningkatan Intelegensi Siswa di Bidang Linguistik Dengan Strategi Pembelajaran Writing In The Here And Now (Menulis Di Sini Dan Kini) Studi Kasus: Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 08 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (104kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi dengan penerapan strategi pembelajaran Writing in the Here and Now (menulis di sini dan kini) dan kemampuan intelegensi siswa di bidang linguistik, meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran menulis karangan eksposisi dengan penerapan strategi pembelajaran Writing in the Here and Now (menulis di sini dan kini) pada siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII B dan data dalam penelitian ini adalah karangan eksposisi siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan (1) penerapan strategi pembelajaran Writing in the Here and Now (menulis di sini dan kini) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi pada siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Pada siklus I nilai rata-rata yang dicapai siswa hanya mencapai 70,09. Pada siklus II meningkat menjadi 77,85 dan pada siklus III terjadi peningkatan yang signifikan mencapai 83,04 (2) strategi pembelajaran Writing in the Here and Now (menulis di sini dan kini) dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada keaktifan siswa bertanya pada siklus I 23,80%, siklus II 47,61%, siklus III 66,67%. Selain itu, keaktifan siswa menjawab pertanyaan terjadi peningkatan dari siklus I 28,57%, siklus II 52,38%, siklus III 85, 71%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A310/2012-04 |
Uncontrolled Keywords: | Karangan Eksposisi, Strategi Pembelajaran Writing in the Here and Now, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 May 2012 08:07 |
Last Modified: | 19 Jun 2012 07:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18414 |
Actions (login required)
View Item |