Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Sebagai Upaya Peningkatan Intelegensi Siswa di Bidang Linguistik Dengan Strategi Pembelajaran Writing In The Here And Now (Menulis Di Sini Dan Kini) Studi Kasus: Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 08 Surakarta

Ambarsari, Dessi (2012) Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Sebagai Upaya Peningkatan Intelegensi Siswa di Bidang Linguistik Dengan Strategi Pembelajaran Writing In The Here And Now (Menulis Di Sini Dan Kini) Studi Kasus: Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 08 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi dengan penerapan strategi pembelajaran Writing in the Here and Now (menulis di sini dan kini) dan kemampuan intelegensi siswa di bidang linguistik, meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran menulis karangan eksposisi dengan penerapan strategi pembelajaran Writing in the Here and Now (menulis di sini dan kini) pada siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII B dan data dalam penelitian ini adalah karangan eksposisi siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan (1) penerapan strategi pembelajaran Writing in the Here and Now (menulis di sini dan kini) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi pada siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Pada siklus I nilai rata-rata yang dicapai siswa hanya mencapai 70,09. Pada siklus II meningkat menjadi 77,85 dan pada siklus III terjadi peningkatan yang signifikan mencapai 83,04 (2) strategi pembelajaran Writing in the Here and Now (menulis di sini dan kini) dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada keaktifan siswa bertanya pada siklus I 23,80%, siklus II 47,61%, siklus III 66,67%. Selain itu, keaktifan siswa menjawab pertanyaan terjadi peningkatan dari siklus I 28,57%, siklus II 52,38%, siklus III 85, 71%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A310/2012-04
Uncontrolled Keywords: Karangan Eksposisi, Strategi Pembelajaran Writing in the Here and Now, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 May 2012 08:07
Last Modified: 19 Jun 2012 07:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18414

Actions (login required)

View Item View Item