Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Metode Amtsal Di SDN Purwotomo No. 97 Surakarta

Anwarrudin, Muchammad (2012) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Metode Amtsal Di SDN Purwotomo No. 97 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)

Abstract

Di SDN Purwotomo No.97 Mangkuyudan Surakarta terdapat lingkungan yang mayoritas murid-muridnya mempunyai modal pengetahuan tentang Agama Islam yang cukup banyak. Namun dalam pembelajarannya sulit untuk menguraikan tentang hubungan-hubungan peristiwa dalam keseharian dengan wahyu yang tercantum dalam Al Qur’an. Dengan demikian timbullah sebuah masalah, bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan metode amtsal di SDN Purwotomo No. 97 Surakarta. Penulisan tentang pembelajaran dengan menggunakan merode amtsal ini dimaksudkan untuk mengungkapkan hal-hal yang berkaitan dengan proses membelajaran PAI yang didesain/ dirangkai menggunakan metode amtsal. Sehingga para pembaca yang awalnya belum pernah mengetahuinya menjadi tahu. Setelah memahami tentang pelaksanaan pembelajaran dengan metode amtsal diharapkan para pembaca mampu memahami, mangambil pelajaran, berpikir. Sehingga SDM pengajar PAI dapat mengembangkan variasi model-model dalam menyampaikan materi agama Islam. Supaya tidak monoton dan klasik serta membudayakan pengguanaan hasil Telnologi informatika dan komunikasi sebagai penunjang penerapan tujuan pembelajaran. Dalam skripsi ini, peneliti menempuh teknik pengumpulan data dengan metode Observasi, Wawancara, Dokumen, dan menganalisis data. Dalam menganalisis, peneliti mengatur, mengurutkan, mengelompokkan, memberikan kode dan mengategorikan. Hal tersebut bertujuan untuk menemukan tema dan hipotesis kerja yang akhirnya diangkat menjadi teori substantif. Dalam pelaksanaannya, metode ini menggunakan dua langkah yaitu; perencanaan, yakni Guru PAI mendesain materi ajar yang dapat dikorelasikan de ngan metode amtsal. Mempersiapkan sarana dan prasarana yang mendukung untuk pembelajaran (dalam hal ini LCD). Kedua penerapan, meliputi apersepsi, eksplorasi, elaborasi, konfirmasi serta memberikan tes/ujian guna untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi. Pendek kata, metode amtsal merupakan salah satu metode pembelajaran yang hanya sebagai metode pendukung. Penggunaanya metode ini menyesuaikan audien dan materi ajar. Bagi pendidik mengembangkan kompetennya, berfikir dan berbuat supaya anak didiknya terarah menuju yang lebih baik adalah suatu kewajiban.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak G000/2012-24
Uncontrolled Keywords: metode Amtsal, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Apr 2012 09:27
Last Modified: 04 Jul 2012 05:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18298

Actions (login required)

View Item View Item