Widiastuti, Hajar (2012) Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Ta'mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2010-2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (195kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
Abstract
Begitu pentingnya pembelajaran bahasa Arab, maka penelitian ini menggunakan judul Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta yang mengajarkan bahasa Arab kepada santriwatinya, karena antusiasme masyarakat untuk belajar bahasa Arab tidak pernah surut. Terbukti dengan masih banyak pesantren-pesantren yang mengajari bahasa Arab kepada santrinya. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tujuan yaitu: untuk mengetahui indikator pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Ta'mirul Islam dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Ta'mirul Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif tanpa menggunakan angka dan yang dijadikan subjek penelitian adalah Bapak Pimpinan Pondok, Direktur KMI Putri, Ustadz/ustadzah, dan Santriwati KMI. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah melaluimetode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan data yang terkumpul kemudian disusun dan dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif, yaitumelalui tahapan reduksi data, penyusunan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaranBahasa Arab Pondok Pesantren Ta’mirul Islam telah mampu mengembangkan pendidikannya, melaluibeberapahal: 1. Kurikulum bahasa Arab yang digunakan di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam merupakan perpaduan kurikulum Gontor, Depdiknas, dan lokal. 2. Pada tujuan pembelajaran bahasa Arab, santri dapat memahami teks-teks bahasa Arab dan menggunakannya dalam bahasa percakapan sehari-hari dan karangan (insya’). 3. Pengajar bahasa Arab yang semangat, kreatif, aktif, dan ahli dalam mengajar bahasa Arab yang selalumempersiapkan i’dadu dars. 4. Strategi pembelajaran atau metode yang digunakan oleh pengajar bahasa fleksibel dan variatif, sesuai dengan materi serta judul yang diajarkan. 5. Lingkungan asrama yang mendukung. Rekomendasi untuk kekurangan-kekurangan pada hasil penelitian ini adalah: pengadaaan dokumentasi secara tertulis agar tidak ada kekeliruan pada saat penyampaian kepada anak didik, mencukupi sarana dan media pembelajaran, lebih meminimalisir adanya ijin mengajar dan mendisiplinkan pengajar dalam penggunaan bahasa Arabmeningkatkan kesadaran belajar dan berbahasa Arab santri, dan mengadakan ta’hil (pelatihan) untuk materi bahasa Arab yang belum dikuasai dengan baik oleh pengajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran dan Bahasa Arab. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Apr 2012 06:19 |
Last Modified: | 26 Apr 2012 06:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18288 |
Actions (login required)
View Item |