Madjid , Agung Chandra (2012) Perilaku Mahasiswa Ketika Ujian Ditinjau Dari Tahap Perkembangan Moral. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
COVER.pdf Download (149kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_full.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
Abstract
Perkembangan moral merupakan salah satu topik pembahasan yang berhubungan dengan perkembangan manusia. Tahap perkembangan moral seseorang merupakan bagian dari salah satu bentuk aktivitas yang dapat mempengaruhi perilaku mahasiswa ketika ujian. Sekarang, kebanyakan orang memiliki pendapat yang kuat tidak hanya tentang perilaku moral dan imoral, tetapi juga bagaimana perilaku moral seharusnya ditanamkan pada mahasiswa. Pembahasan mengenai tahapan perkembangan moral ini dengan melihat domain-domainnya dan melihat beberapa konteks penting yang mempengaruhi perkembangan moral mahasiswa dalam mengerjakan ujian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku mahasiswa ketika ujian serta memahami perilaku mahasiswa ketika ujian ditinjau dari tahap perkembangan moral. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2008 s/d 2010. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner terbuka yang dianalisis dengan analisis kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan mahasiswa terhadap perilaku menyontek ketika ujian ditinjau dari tahap perkembangan moral adalah tidak baik. Tetapi mayoritas mahasiswa melakukan perilaku menyontek ketika ujian, sehingga terdapat ketidak sesuaian antara perilaku dengan pandangan yang dimiliki. Variasi/komposisi perilaku yang muncul ketika berlangsungnya ujian yaitu menyontek dengan bertanya kepada teman, tengak-tengok, dan membawa buku catatan. Namun yang dilakukan mahasiswa ketika sebagian besar temannya menyontek dan ketika pengawas meninggalkan ruangan dengan tetap fokus mengerjakan soal ujian. Tahap perkembangan moral yang paling banyak dimiliki oleh mahasiswa adalah tahap prakonvensional, dimana mahasiswa memberikan alasannya terhadap perilaku menyontek karena tidak belajar dan mengharapkan nilai yang bagus agar tidak dimarahi oleh orangtua didorong dengan adanya pengawasan yang ketat sehingga mahasiswa tidak akan menyontek dalam ujian untuk menghindari hukuman.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perilaku mahasiswa, ujian, tahap perkembangan moral |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2012 10:28 |
Last Modified: | 25 Apr 2012 11:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18257 |
Actions (login required)
View Item |