Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Sidomulyo Kaliori Rembang Tahun Ajaran 2011/2012

Yuliastutik,, Riyana Dwi (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Sidomulyo Kaliori Rembang Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sains anak melalui penerapan metode eksperimen. Penelitian yang dilakukan peneliti hanya meneliti kegiatan sains pada pembelajaran kognitif di area sains untuk Kelompok B yang dilakukan di TK Pertiwi Sidomulyo Kaliori Rembang tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas (PTK) pada setiap siklusnya terdiri dari “perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), refleksi (reflecting)". Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data penerapan metode eksperimen dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan catatan lapangan. Sedangkan data mengenai kemampuan sains anak dikumpulkan melalui observasi. Subyek penelitian ini adalah anak dan guru TK Pertiwi Sidomulyo Kaliorti Rembang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan sains anak didik melalui penerapan metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan sains dengan penerapan metode eksperimen "Pada siklus I peningkatan mencapai 20,06% dan diperoleh rata-rata penilaian anak dalam pembelajaran sains sebesar 74,31%" Pada siklus II peningkatan mencapai 14,44% dan diperoleh rata-rata penilaian sebesar 88,75%". Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil pembelajaran sains anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 54,25%, Siklus I mencapai 74,31%, Siklus II mencapai 88,75%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan sains anak kelompok B di TK Pertiwi Sidomulyo Kaliori Rembang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A520/2012-35
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Sains, Metode Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Apr 2012 05:22
Last Modified: 25 Jun 2012 06:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18098

Actions (login required)

View Item View Item