RAKHMAWATI, EKO TRI (2012) Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Alam (Studi Kasus Manajemen Kurikulum Di Tk Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (57kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan : (1) aktivitas fungsi manajemen yang ada di TK Muhammadiyah Alam Surya Mentari tahun pelajaran 2011/2012 (2) perbedaan manajemen kurikulum TK Muhammadiyah Alam Surya Mentari dengan manajemen kurikulum TK Konvensional. Metode yang digunakan adalah studi kasus yang termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan model Spradley yang menganalisis domain, taksonomi dan komponensial tentang aktivitas manajemen kurikulum. Objek penelitian yaitu aktifitas fungsi manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini TK Muhammadiyah Alam Surya Mentari. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut (1) aktivitas fungsi manajemen kurikulum di TK Muhammadiyah Alam Surya Mentari yang berbasis alam meliputi (a) perencanaan (b) pengorganisasian (c) pelaksanaan (d) evaluasi. Dalam setiap aktivitas fungsi manajemen kurikulum pendidikan berbasis alam berisi pengembangan indikator cinta alam yang merupakan indikator khas sekolah alam. 2) perbedaan manajemen kurikulum TK Muhammadiyah Alam Surya Mentari dengan manajemen kurikulum TK Konvensional tercermin dalam komponen kurikulum meliputi (a) tujuan pembelajaran (b) bahan ajar (c) metode pembelajaran (d) evaluasi (e) setting lingkungan. Komponen-komponen kurikulum sekolah alam mendekatkan peserta didik pada alam dengan menjadikan alam sebagai lingkungan belajar dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A520/2012-36 |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen kurikulum, berbasis alam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Apr 2012 05:04 |
Last Modified: | 25 Jun 2012 06:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18097 |
Actions (login required)
View Item |