Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Melalui Pembelajaran Kooperatif Sq3r Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Karangsari Kec. Jatiyoso Kab. Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012

Hernanto, Edi (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Melalui Pembelajaran Kooperatif Sq3r Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Karangsari Kec. Jatiyoso Kab. Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian di SDN 03 Karangsari Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar PKn melalui penerapan pembelajaran Kooperatif SQ3R pada peserta didik kelas IV SDN 03 Karangsari Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar. Masalah yang mendasar dalam penelitian ini ialah motivasi belajar siswa kelas IV SDN 03 Karangsari yang rendah. Subyek Penelitian adalah guru dengan siswa kelas IV SDN 03 Karangsari. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini yang berperan sebagai obyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 03 Karangsari yang berjumlah 18 siswa. Data-data yang dikumpulkan meliputi data aktivitas siswa dan data prestasi belajar siswa melalui metode observasi, tes, wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, ternyata hipotesis yang dirumuskan telah terbukti kebenarannya. Dengan penerapan pembelajaran kooperatif SQ3R dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN 03 Karangsari. Terbukti bahwa rata-rata kelas pada siklus awal hanya 20 meningkat menjadi 68 pada siklus I dan berakhir 84 pada siklus II. Prosentase ketuntasan meningkat dari 11% menjadi 39% pada siklus I dan 82% pada siklus II. Berdasarkan kenyataan ini terbukti bahwa Pembelajaran SQ3R mampu meningkatkan hasil dan motivasi belajar PKn pada kelas IV SDN 03 Karangsari

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, pembelajaran kooperatif SQ3R,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Apr 2012 04:41
Last Modified: 20 Apr 2012 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18096

Actions (login required)

View Item View Item