Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Question (Lsq) Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Siswa Kelas VII B SMP Negeri 4 Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012

Wulansari, Hetik (2012) Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Question (Lsq) Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Siswa Kelas VII B SMP Negeri 4 Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kondisi pembelajaran siswa kelas VII B SMP N 4 Purwodadi Kabupaten Grobogan yang terdapat kelemahan antara lain: siswa kurang aktif, tidak berani mengemukakan pendapat, dan hasil belajar kognitif rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi materi klasifikasi makhluk hidup siswa kelas VII B SMP N 4 Purwodadi Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2011/2012 dengan penerapan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dengan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan analisis data deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil belajar mata pelajaran biologi aspek kognitif dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran (aspek afektif). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di setiap siklus. Rerata kelas hasil belajar aspek kognitif siklus I sebesar 5,51, siklus II sebesar 6,24, sikus III sebesar 7,11 mencapai target 81,58%. Rerata kelas hasil belajar aspek afektif siklus I dengan nilai 28,6 kriteria kurang berminat, siklus II dengan nilai 32,4 kriteria cukup berminat, siklus III dengan nilai 37,74 kriteria cukup berminat. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif siklus II 24,32% dari siklus I dan peningkatan siklus III 19,42% dari siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi materi klasifikasi makhluk hidup aspek kognitif dan afektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif, afektif, Learning Start With A Question (LSQ), gambar, klasifikasi makhluk hidup.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2012 10:05
Last Modified: 19 Apr 2012 10:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18083

Actions (login required)

View Item View Item