Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pada Materi Ekosistem Melalui Penerapan Guided Note Taking Dengan Media Powerpoint Pada Siswa Kelas VII I SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

JUMADI, WIRO (2012) Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pada Materi Ekosistem Melalui Penerapan Guided Note Taking Dengan Media Powerpoint Pada Siswa Kelas VII I SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (229kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi Ekosistem melalui penerapan Guided Note Taking dengan Media Powerpoint pada siswa kelas VII I SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan Strategi Guided Note Taking dengan media powerpoint yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Metode yang dipakai adalah metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Parameter yang diukur dalam penilaian afektif dan kognitif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rerata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 70,56 dari nilai awal sebesar 61,54; sedangkan nilai rerata afektif sebesar 11,75 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 80,77 dari siklus I 70,56; sedangkan nilai rerata afektif meningkat menjadi 13,61 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan Guided Note Taking dengan Media Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII I SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar (kognitif dan afektif), Strategi Guided Note Taking, Media Powerpoint.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2012 09:45
Last Modified: 19 Apr 2012 09:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18079

Actions (login required)

View Item View Item