Peningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Mengarang Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode URW (Urai, Ruang, Dan Waktu) Pada Siswa Kelas IV SD N 1 Jurug Mojosongo, Boyolali Tahun 2011/ 2012

Oktiyasningsih, Dwi (2012) Peningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Mengarang Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode URW (Urai, Ruang, Dan Waktu) Pada Siswa Kelas IV SD N 1 Jurug Mojosongo, Boyolali Tahun 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (323kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa dalam mengarang pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode URW pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Jurug Mojosongo, Boyolali tahun 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus.Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu :perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai samplingnya adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Jurug Mojosongo, Boyolali yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik komparatif yaitu membandingkan hasil antar siklus. Hasil analisis berupa pemaparan gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif. Pada intinya data dikumpulkan setelah semua peristiwa yang diperhatikan terjadi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengarang dengan menggunakan metode URW dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mengarang. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata pada tiap siklus sudah mengalami peningkatan. Pada pra siklus rata-rata dari 29 siswa adalah 59,62%. Pada siklus I, pertemuan I nilai rata-rata siswa mencapai 63,17%. Pertemuan ke II nilai rata-rata siswa mencapai 66,17%. Pada siklus I ini terdapat peningkatan kreativitas siswa dibanding dengan waktu Pra Siklus. Kemudian pada siklus II, pertemuan I nilai rata-rata siswa meningkat lagi yaitu menjadi 71,41%. Dan Pertemuan ke II nilai rata-rata siswa meningkat lebih baik lagi yaitu 75,24 Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa penggunaan metode URW dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mengarang pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD N 1 Jurug Mohjosongo, Boyolali tahun 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, mengarang, metode URW
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Apr 2012 09:30
Last Modified: 19 Apr 2012 09:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18076

Actions (login required)

View Item View Item