Rosyid , Muchlis Al (2012) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Universitas Muhammadiyah Surakarta Dan Universitas Sebelas Maret Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (307kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran )
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Kecerdasan emosional yang diteliti terdiri dari lima aspek, yaitu, pengenalan diri, pengendalan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial. Penelitian ini menggunakan metode survei menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi jurusan akuntansi di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Sebelas Maret Surakarta.Sedangkan sampelnya adalah mahasiswa akuntansi UMS dan UNS angkatan tahun 2006, 2007, dan 2008 yang sudah menempuh 120 SKS. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil pengumpulan data dengan kuesioner diuji validitas dan uji reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, dan uji asumsi klasik. Hasil pengujian hipotesis 1 mengenai pengenalan diri meperoleh nilai thitung = 2,442 dengan nilai p-value sebesar 0,017 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), hipotesis 2 mengenai pengendalian diri memperoleh nilai thitung = 3,147 dengan nilai p-value sebesar 0,002 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05),hipotesis 3 mengenai motivasi memperoleh nilai thitung = 3,474 dengan nilai p-value sebesar 0,001 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05),hipotesis 4 mengenai empati memperoleh nilai thitung = 2,658 dengan nilai p-value sebesar 0,010 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05),hipotesis 5 mengenai keterampilan sosial memperoleh nilai thitung = 2,896 dengan nilai p-value sebesar 0,005 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Hasil uji F diperoleh Fhitung 198,736 lebih besar dari F tabel 2,37 dengan nilai p-value sebesar 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Adjusted R2 diperoleh angka sebesar 0,926 yang berarti 92,6% variasi dari tingkat pemahaman akuntansi dapat dijelaskan oleh variabel kecerdasan emosional (pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial). Sedangkan 7,4% sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar model.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengenalan diri, Pengendalian diri, Motivasi, Empati, Keterampilan sosial, Pemahaman akuntansi xvi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 17 Apr 2012 06:26 |
Last Modified: | 17 Apr 2012 10:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17992 |
Actions (login required)
View Item |