Lestari, Sri (2012) Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Anak Kelas B Taman Kanak-Kanak Putra Utama Pgri Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (84kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar anak dengan menggunakan metode bermain peran. Kemandirian Belajar pada anak perlu ditingkatkan karena mempunyai dalam kehidupan sehari-hari, oloeh karena itu perlu diterapkan suatu metode pembelajaran yang tepat, menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemandirian belajar adalag dengan menerapkan metode bermain peran Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Putra Utama PGRI Klaten tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemandirian amak maupun untuk mengethui proses pembelajaran bermain peran dikumpulkan melalui observasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dicapai oleh anak dengan indikator kinerja Hasil penelitian menunjikkan bahwa ada peningkatan kemandirian belajar anakdengan menerapkan metode bermain peran. yakni sebelum tindakan 70,35%, Siklus I mencapai 84,59%, Siklus II mencapai 99,39%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran yang diajukan telah treuji kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bermain Peran, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2012 06:49 |
Last Modified: | 16 Apr 2012 09:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17955 |
Actions (login required)
View Item |