Munarti, Munarti (2012) Penggunaan Alat Permainan Edukatif Kartu Huruf Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Pandeyan III Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (77kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
Abstract
Pembelajaran membaca permulaan dengan media papan tulis dan kapur ternyata hanya menghasilkan 30 % anak yang mampu membaca permulaan dengan baik. Padahal harapan guru anak yang mampu membaca permulaan dengan baik mencapai 80 %. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan APE kartu huruf pada anak Kelompok B TK Pertiwi Pandeyan III Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan setting TK Pertiwi Pandeyan III Jatinom Klaten pada anak kelompok B tahun pelajaran 2011/2012. Data tentang perilaku guru, anak dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan membaca permulaan anak dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data menggunakan teknik analisis komparatif. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa penggunaan APE kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Adapun langkah-langkah pembelajaran penggunaan APE kartu huruf yang berhasil adalah sebagai berikut : 1) guru memperkenalkan dan menjelaskan cara penggunaan kartu huruf, 2) setiap kartu terdiri satu huruf abjad kecil yang diberi variasi warna sehingga anak tertarik, 3) kartu huruf ukurannya diperbesar agar anak lebih jelas mengenal huruf dan lebih mudah memahami, 4) guru menunjukkan bagian kartu huruf yang berisi huruf abjad kepada anak lalu dilafalkan secara jelas dan benar, 5) guru membimbing anak mengucapkan huruf yang tertulis di kartu huruf dengan tepat, 6) guru mengambil kartu huruf lalu menunjukkan huruf dan gambarnya, kemudian anak diminta menyebutkan gambarnya, lalu menyusun kartu huruf menjadi kata sesuai dengan gambarnya, kemudian membacanya dengan tepat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca permulaan dan APE kartu huruf |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2012 05:28 |
Last Modified: | 16 Apr 2012 10:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17951 |
Actions (login required)
View Item |