Qowiyati, Husna (2012) Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Meronce Dalam Model Pembelajaran Kreatif Produktif Dengan Pendekatan Tematik Pada Anak Kelompok A Tk Pertiwi Bareng Lor Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (135kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (135kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berhitung permulaan mulai 1-10, pada anak kelompok A TK Pertiwi Bareng Lor, Klaten Utara. Karena dari 11 anak kemampuan berhitung permulaan masih rendah. Terbukti dari 11 anak baru ada 4 anak yang sudah bisa berhitung 1-10 dengan benar. Penelitian ini dilakukan melalui permainan meronce dalam model pembelajaran kreatif produktif dengan pendekatan tematik. Melalui permainan meronce, anak dapat bermain sambil belajar berhitung yaitu menghitung manik-manik yang akan dironce. Permainan meronce ini anak akan merasa senang, dapat berkreasi dan dapat menghasilkan sesuatu barang yaitu gelang, kalung dan tirai. Kegiatan yang menyenangkan akan mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran. Data yang dikumpulkan untuk mengetahui kemampuan berhitung permulaan adalah dengan observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis komparatif yaitu membandingkan kemampuan anak setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung permulaan 1-10 pada pra siklus 36%, setelah dilakukan tindakan yaitu pada siklus I mencapai 55%, pada siklus II mencapai 73% dan pada siklus III mencapai 82%. Total peningkatan mencapai 46%. Berdasarkan analisis diketahui bahwa penggunaan permainan meronce dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A520/2012-13 |
Uncontrolled Keywords: | permainan meronce, kreatif produktif, tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 14 Apr 2012 05:05 |
Last Modified: | 22 Jun 2012 10:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17934 |
Actions (login required)
View Item |