Upaya Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kooperatif Pada Anak Kelompok B Tk Pertiwi Jonggrangan Klaten Utara Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

Sumiyati, Sumiyati (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kooperatif Pada Anak Kelompok B Tk Pertiwi Jonggrangan Klaten Utara Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan sosial emosional pada anak kelompok B TK Pertiwi Jonggrangan Klaten Utara, Klaten melalui permainan kooperatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari enam laki-laki dan enam perempuan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi yang dilakukan oleh observer. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran dan dari hasil tindakan yang telah dilakukan. Data dianalisis dengan teknik perbandingan, yaitu membandingkan antara hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan sosial emosional anak dengan menerapkan permainan kooperatif, yakni sebelum tindakan 52,3%. Siklus I mencapai 59,9%, Siklus II mencapai 83,7%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan permainan kooperatif dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sosial emosional, Permainan kooperatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2012 10:12
Last Modified: 13 Apr 2012 11:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17909

Actions (login required)

View Item View Item