Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Melalui Metode Bercerita Dengan Panggung Boneka Di Tk ‘Aisyiyah Bustanul Athfal I Basin Pada Anak Kelompok B Kebonarum Tahun Pelajaran 2011/2012

Wahyuni, Sri (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Melalui Metode Bercerita Dengan Panggung Boneka Di Tk ‘Aisyiyah Bustanul Athfal I Basin Pada Anak Kelompok B Kebonarum Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Bahasa anak perlu ditingkatkan, salah satunya dengan upaya peningkatan kemampuan bahasa lisan anak dengan metode bercerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak melalui metode bercerita dengan panggung boneka di TK ABA Basin I kelompok B Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas disebut juga Classroom Action Research ( CAR ). Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan lebih sedikit di TK ABA Basin I Tahun Pelajaran2011 /2012. Dimana materi pengumpulan data yang digunakan untuk mngetahui peningkatan kemampuan bahasa lisan dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B yang berjumlah 26 siswa, serta guru yang berjumlah lima orang . Data tentang peningkatan kemampuan berbahasa dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis secara perbandingan yaitu membandingkan antara peningkatan bahasa anak dari hasil penelitian dengan indicator lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita dengan panggung boneka mampu meningkatkan kemampuan bahasa anak di TK. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase peningkatan kemampuan bahasa anak mencapai 34,63%. Siklus I 57,69% yang sebelumnya 42,3%. Siklus II 76,93% yang sebelumnya 57,69%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bahasa Lisan metode bercerita.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2012 05:22
Last Modified: 13 Apr 2012 12:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17888

Actions (login required)

View Item View Item