INDARTI, SRI (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini Dengan Permainan Kartu Gambar (Penelitian Pada Anak Tk Trisula Perwari I Klaten Tahun 2011 / 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (127kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB__I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab 5)
BAB_V_.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca awal anak usia dini dengan permainan kartu gambar di TK Trisula Perwari I Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Sebelum dilakukan tindakan, kemampuan membaca awal anak kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan beberapa metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan membaca anak. Solusi yang ditawarkan dalam metode penelitian ini adalah dengan menggunakan permainan kartu gambar, subyek pelaksanaan tindakan ini adalah anak kelompok B TK Trisula Perwari I Klaten yang berjumlah 14 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi penilaian unjuk kerja. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus. Dan prosedur penelitian ini terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan permainan kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini pada TK Trisula Perwari I Klaten Kecamatan Klaten Utara Tahun Pelajaran 2011/2012 meningkat minimal 85,74% dari 14 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan membaca anak sebanyak 6 anak (42,85%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan permainan kartu gambar Siklus I kemampuan membaca anak meningkat menjadi 9 anak (64,26%) siklus II meningkat menjadi 11 anak (78,57%) dan pada siklus III kemampuan membaca anak meningkat menjadi 12 anak (85,74%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui permainan kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak di kelompok B TK Trisula Perwari I Kecamatan Klaten Utara, tahun pelajaran 2011 / 2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A520/2012-07 |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan membaca anak, permainan kartu gambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 12 Apr 2012 10:54 |
Last Modified: | 22 Jun 2012 10:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17881 |
Actions (login required)
View Item |