Peningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita dengan Buku Cerita pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Planggu II Klaten Tahun 2011/2012

NUR ASTUTI, NUGRAHENI (2012) Peningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita dengan Buku Cerita pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Planggu II Klaten Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
halaman_depan.pdf

Download (180kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK Pertiwi Planggu II dengan menggunakan metode bercerita dengan buku cerita. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah guru dan anak kelompok B di TK Pertiwi Planggu II yang berjumlah 16 anak, terdiri dari 10 putra dan 6 putri. Indikator dalam penelitian ini antara lain : menjawab pertanyan sederhana, bercerita menggunkan kata ganti aku, saya, kamu, dia, mereka, mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara runtut, dan berkmunikasi secara lisan dengan bahasanya sendiri. Metode pangumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan, antara lain : menjumlahkan skor yang dicapai anak pada setiap butir amatan, membuat tabulasi skor observasi, menghitung prosentase peningktan, dan membandingkan hasil prosentase pencapaian setiap anak dengan prosentase keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil dari dari penelitian ini adalah: prasiklus 12,5% (2 anak), Siklus I 18,75% (3 anak), Siklus II 81,25% ( 13 anak). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode bercerita dengan buku cerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK Pertiwi Planggu II tahun ajaran 2011/2012. Selain kemampuan guru untuk bercerita, media yang digunakan (buku cerita) juga menjadi salah satu keberhasilan pelaksanaan kegiatan bercerita. Kata kunci : kemampuan berbahasa anak, metode bercerita

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbahasa anak, metode bercerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 12 Apr 2012 10:27
Last Modified: 12 Apr 2012 10:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17878

Actions (login required)

View Item View Item