Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok A Di Tk Aba Karangmalang Masaran Sragen Tahun 2012

Yuniawati, Ratih (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok A Di Tk Aba Karangmalang Masaran Sragen Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan dan mendeskripsikan pembelajaran menulis permulaan pada (1) anak kelompok A di TK ABA Karangmalang. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan perbandingan tetap. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis permulaan pada (2) anak kelompok A di TK ABA Karangmalang melalui metode demonstrasi. Ini dapat dilihat pada (3) Peningkatan persentase pencapaian skor Kriteria Ketuntasan Minimal 3.0 oleh peserta didik dari satu tahap ke tahap berikutnya. Perubahan persentase pencapaian skor Kriteria Ketuntasan Minimal anak pada pra tindakan, tindakan siklus I, II, dan III adalah 40%, 53.33%, 66.67%, dan 86.67% atau dari 6 anak, 8 anak, 10 anak, dan 13 anak. Oleh karena itu disarankan kepada guru TK dapat diterapkan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis permulaan, metode demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Apr 2012 05:50
Last Modified: 12 Apr 2012 05:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17866

Actions (login required)

View Item View Item