Murni, Siti (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Metode Bercerita Gambar Seri Di Tk Desa Kuto 01 Kelompok B Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (701kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (61kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
Abstract
Kemampuan membaca permulaan anak di TK Kuto 01 kelompok B masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan metode bercerita gambar seri di TK Kuto 01 kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik yang berada di kelompok B TK Desa Kuto 01 Kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar yang berjumlah 21 anak. Penelitian ini dilakukan dengan bekerja sama dengan kepala sekolah dan guru. Data tentang kemampuan membaca permulaan dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data tentang pembelajaran dengan metode bercarita gambar seri dikumpulkan melalui pedoman observasi dan catatan lapangan. Data diolah dengan teknik analisis komparatif, yaitu perbandingan antara kemampuan membaca anak dengan indikator pencapaian pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita gambar seri dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak TK Desa Kuto 01 kelompok B Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar tahun 2011/2012. Hal ini terbukti bahwa terjadi peningkatan dari pra siklus, siklus I ke siklus II. Kemampuan anak meningkat dari prasiklus 36% menjadi 65% pada siklus I. Siklus II kemampuan anak meningkat menjadi 85%
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca, bercerita gambar seri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Apr 2012 05:42 |
Last Modified: | 12 Apr 2012 05:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17864 |
Actions (login required)
View Item |