Jamaliyah, Siti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Multisensori Di Kelompok B TK Aisyiyah 1 Mojayan Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DELAPAN.pdf Download (68kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Lampiran )
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini melalui metode multisensori pada anak TK Aisyiyah Mojayan 01 Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten Kelompok B Tahun Pelajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Aisyiyah 01 Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan pengukuran kemampuan anak. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan dua siklus, dimana setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini di TK Aisyiyah 01 Mojayan melalui metode multisensori. Sebelum tindakan, kemampuan membaca permulaan hanya dimiliki oleh 9 anak (45%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode multisensori pada siklus I kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 11 anak (55%), dan siklus II meningkat menjadi 15 anak (75%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak TK Aisyiyah 01 Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A520/2012-10 |
Uncontrolled Keywords: | metode multisensori, membaca permulaan, anak usia dini Klaten, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 12 Apr 2012 05:31 |
Last Modified: | 22 Jun 2012 11:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17859 |
Actions (login required)
View Item |