Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Multisensori Di Kelompok B TK Aisyiyah 1 Mojayan Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012

Jamaliyah, Siti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Multisensori Di Kelompok B TK Aisyiyah 1 Mojayan Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DELAPAN.pdf

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran )
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini melalui metode multisensori pada anak TK Aisyiyah Mojayan 01 Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten Kelompok B Tahun Pelajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Aisyiyah 01 Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan pengukuran kemampuan anak. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan dua siklus, dimana setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini di TK Aisyiyah 01 Mojayan melalui metode multisensori. Sebelum tindakan, kemampuan membaca permulaan hanya dimiliki oleh 9 anak (45%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode multisensori pada siklus I kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 11 anak (55%), dan siklus II meningkat menjadi 15 anak (75%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak TK Aisyiyah 01 Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A520/2012-10
Uncontrolled Keywords: metode multisensori, membaca permulaan, anak usia dini Klaten,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 12 Apr 2012 05:31
Last Modified: 22 Jun 2012 11:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17859

Actions (login required)

View Item View Item