Hartanti , Ardiyana (2012) Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Picture And Picture Dan Reciprocal Teaching Dengan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Pokok Materi Dunia Tumbuhan Lumut Pada Kelas X Sma Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (98kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (52MB) |
Abstract
Model pembelajaran biologi yang diterapkan di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta adalah model ceramah, sehingga kurang melibatkan siswa secara langsung. Inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa biologi yaitu Picture and picture dan Reciprocal teaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang diberi model pembelajaran Picture and picture dan Reciprocal teaching. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen pendidikan, yaitu perbandingan dua model pembelajaran dan satu kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunkan Uji validitas, reliabilitas, index kesukaran soal, daya pembeda, Uji normalitas, homogenitas dan Hipotesis (Anova satu jalur). Hasil pengujian hipotesis menggunakan α=5% menunjukkan Fhitung = 13,559 dengan Ftabel diperoleh dari nilai table F pada taraf signifikan 5% dengan (df = 2, 76) yaitu sebesar 3,15. Oleh karena Fhitung 13,559 > 3,15 Ftabel maka H0 ditolak, yang berarti dari uji- t diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran biologi. Disimpulkan bahwa prestasi belajar biologi dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal teaching (86,962) lebih baik daripada prestasi belajar biologi menggunakan model pembelajaran Picture and picture (79,852) dan kontrol (78,808) pada pokok materi dunia tumbuhan lumut yang dilihat dari nilai rata-rata test masing-masing kelas pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A420/2012-30 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar model pembelajaran Picture and picture, Reciprocal Teaching, dan Kontrol, uji homogenitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 11 Apr 2012 12:21 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 10:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17856 |
Actions (login required)
View Item |