ROKHMAH, SITI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Bermain Kartu Angka Bergambar (Penelitian Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi I Jimbung Kabupaten Klaten Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (66kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I_.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan anak dalam pembelajaran melalui bermain kartu angka bergambar pada anak kelompok B TK Pertiwi I Jimbung Kabupaten Klaten tahun 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di TK Pertiwi I Jimbung Kabupaten Klaten. Subjek penelitian adalah anak TK Pertiwi I Jimbung Kabupaten Klaten tahun 2011/2012 yang berjumlah 9 anak. Data kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan dikumpulkan dengan metode observasi dan data pelaksanaan metode bermain kartu angka bergambar melalui metode observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif yaitu membandingkan hasil capaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan melalui bermain kartu angka bergambar. Hal ini diketahui dari hasil pada setiap siklus, yaitu siklus I kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan anak 62,65%, siklus II meningkat menjadi 72,21%, siklus III meningkat menjadi 83,02%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui bermain kartu angka bergambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A520/2012-25 |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan kognitif, konsep bilangan, kartu angka bergambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 11 Apr 2012 11:12 |
Last Modified: | 25 Jun 2012 07:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17849 |
Actions (login required)
View Item |