Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Algoritma Euclides Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Kemiri Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012

Safitri, Hanik Andri (2011) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Algoritma Euclides Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Kemiri Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (378kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan metode Algoritma Euclides pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kemiri Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa Kelas V SD Negeri 2 Kemiri Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator yang mencakup kecepatan, ketepatan dan kecermatan dalam menyelesaikan soal matematika. Hasil belajar siswa yaitu tercapainya nilai siswa ≥ 65 meliputi: data evaluasi hasil belajar siswa pada materi FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) sebelum tindakan 33,3%, siklus I 66,6% dan siklus II 90,9%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui metode pembelajaran Algoritma Euclides dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V semester genap SD Negeri 2 Kemiri Kecamatn Gubug Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2011/ 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-35
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode Algoritma Euclides
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 11 Apr 2012 07:04
Last Modified: 25 Jun 2012 10:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17816

Actions (login required)

View Item View Item