Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran Make a- Match Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Papahan Tahun Pelajaran 2011/2012

Suryantini, Suryantini (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran Make a- Match Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Papahan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_depan.pdf

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan metode Make a-Match pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Papahan tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Papahan kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan SDA. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPS materi Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan SDA melalui penggunaan metode Make a-Match siswa IV SD Negeri 01 Papahan, terbukti dapat meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 76,5% dan meningkat serta mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 100%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: make a-match, hasil belajar siswa, metode pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 11 Apr 2012 06:51
Last Modified: 11 Apr 2012 09:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17815

Actions (login required)

View Item View Item