Suryantini, Suryantini (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran Make a- Match Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Papahan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
Halaman_depan.pdf Download (51kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan metode Make a-Match pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Papahan tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Papahan kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan SDA. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPS materi Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan SDA melalui penggunaan metode Make a-Match siswa IV SD Negeri 01 Papahan, terbukti dapat meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 76,5% dan meningkat serta mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 100%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | make a-match, hasil belajar siswa, metode pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 11 Apr 2012 06:51 |
Last Modified: | 11 Apr 2012 09:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17815 |
Actions (login required)
View Item |