Astuti, Vitri (2012) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Course Review Hoeay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri O1 Dawung Kecamatan Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (54kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif metode Course Review Horay mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011-2012. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan mulai bulan Desember 2011 sampai bulan Maret 2012 pada siswa kelas IV SDN 01 Dawung yang berjumah 16 orang, 9 anak lakilaki dan 7 anak perempuan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menerapkan pembelajaran kooperatif metode Course Review Horay mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011-2012. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar terjadi pada siklus I, dan II Secara klasikal keaktifan siswa pada siklus I mencapai 65% sedangkan siklus II mencapai 76,30% atau meningkat sebesar 11,30% dari siklus I. Sedang perolehan nilai ratarata pada kondisi prasiklus 60 meningkat menjadi 67,5 di siklus I dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal 68,75 % (11 siswa) meningkat 37,5% dari kondisi prasiklus, pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 87,5% (14 siswa) meningkat 18,75% dari hasil belajar siklus I dengan perolehan nilai rata-rata 77,81.sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV SDN 01 Dawung.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kooperatif, Course Review Horay, ketergantungan positif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 11 Apr 2012 06:18 |
Last Modified: | 11 Apr 2012 09:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17813 |
Actions (login required)
View Item |