Setianingsih, Binti Eka (2012) Penggunaan Media Gambar Seri Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Semester I Sdn Bonagung 2. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_depan.pdf Download (163kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran kemampuan menulis narasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pemanfaatan media gambar berseri pada siswa kelas V semester I SDN Bonagung 2, (2) Mendeskripsikan peningkatan kualitas dan hasil kemampuan menulis narasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pemanfaatan media gambar pada siswa di kelas V semester I SDN Bonagung 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bonagung 2 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi dokumen, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran menulis narasi. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Penerapan media gambar seri dapat meningkatkan pembelajaran menulis narasi. Hal ini ditandai keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis narasi mengalami peningkatan tiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif 41,17% sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 82,29%, 2) Kualitas proses keterampilan pembelajaran menulis narasi siswa meningkat, yang meliputi perhatian siswa, aktivitas siswa, dan peran guru, 3) kualitas hasil keterampilan menulis karangan narasi siswa meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata siswa hanya mencapai 71,14 dan pada siklus II meningkat mencapai nilai rata-rata sebesar 77,33. Dengan demikian, bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan menulis karangan narasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menulis, karangan narasi, PTK. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Apr 2012 11:34 |
Last Modified: | 10 Apr 2012 11:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17811 |
Actions (login required)
View Item |