Penggunaan Media Gambar Seri Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Semester I Sdn Bonagung 2

Setianingsih, Binti Eka (2012) Penggunaan Media Gambar Seri Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Semester I Sdn Bonagung 2. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_depan.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran kemampuan menulis narasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pemanfaatan media gambar berseri pada siswa kelas V semester I SDN Bonagung 2, (2) Mendeskripsikan peningkatan kualitas dan hasil kemampuan menulis narasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pemanfaatan media gambar pada siswa di kelas V semester I SDN Bonagung 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bonagung 2 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi dokumen, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran menulis narasi. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Penerapan media gambar seri dapat meningkatkan pembelajaran menulis narasi. Hal ini ditandai keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis narasi mengalami peningkatan tiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif 41,17% sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 82,29%, 2) Kualitas proses keterampilan pembelajaran menulis narasi siswa meningkat, yang meliputi perhatian siswa, aktivitas siswa, dan peran guru, 3) kualitas hasil keterampilan menulis karangan narasi siswa meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata siswa hanya mencapai 71,14 dan pada siklus II meningkat mencapai nilai rata-rata sebesar 77,33. Dengan demikian, bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan menulis karangan narasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis, karangan narasi, PTK.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Apr 2012 11:34
Last Modified: 10 Apr 2012 11:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17811

Actions (login required)

View Item View Item