Hidayah, Nur (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa lisan Melalui Metode Bermain Peran Makro pada Anak Kelompak B di TK Pertiwi Sumberrejo Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2010-2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (373kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (191kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa lisan anak dengan menerapkan metode bermain peran. Kemampuan bahasa lisan pada anak perlu ditingkatkan karena mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam berhubungan dengan orang lain, oleh karena itu perlu diterapkan suatu metode pembelajaran yang tepat, menarik, dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak adalah dengan menerapkan metode bermain peran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Pertiwi Sumberejo Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak maupun untuk mengetahui proses pembelajaran bermain peran dikumpulkan melalui observasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan tehnik komparasi/perbandingan, yaitu membandingkan antara hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan bahasa lisan anak dengan menerapkan metode bermain peran, yakni sebelum tindakan 47.13%, siklus I mencapai 60.5%, siklus II mencapai 71.38%, dan siklus III mencapai 81.25%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bermain Peran, Kemampuan Bahasa Lisan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 09 Apr 2012 06:36 |
Last Modified: | 09 Apr 2012 09:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17756 |
Actions (login required)
View Item |