Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Think Talk Write (TTW) Pada Siswa Kelas IV B MI Negeri Andong Tahun Pelajaran 2011/ 2012

Ratnawati, Eva (2012) Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Think Talk Write (TTW) Pada Siswa Kelas IV B MI Negeri Andong Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
COVER.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran )
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui strategi Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas IV B MI Negeri Andong tahun pelajaran 2011/ 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang menerima tindakan adalah siswa kelas IV B MIN Andong yang berrjumlah 25 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan melalui tiga langkah, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan keaktifan siswa mulai dari keaktifan visual, verbal, mendengarkan dan menulis terlihat dari semakin bertambahnya jumlah siswa yang berpartisipasi dalam proses pembelajaran disetiap siklusnya. Peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan dari pra siklus, siklus I hingga siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 36,00% dari jumlah siswa kelas IV B atau 9 siswa, meningkat 24,00% pada siklus I menjadi 60,00% atau 15 siswa. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 84,00% atau 6 siswa dari siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV B MIN Andong tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Hasil belajar, strategi Think Talk Write
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 09 Apr 2012 04:26
Last Modified: 09 Apr 2012 11:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17752

Actions (login required)

View Item View Item