NURAINI, NITA (2012) Penerapan Strategi Crossword Puzzle dengan Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X5 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (259kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (144kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi crossword puzzle dengan penggunaan media power point dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas X5 SMA Muhammadiyah I Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas X5 SMA Muhammadiyah I Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes yang diperoleh dari setiap akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. pada aspek kognitif, sebelum dilaksanakan tindakan diperoleh rata-rata ketuntasan siswa sebesar 68,42% dan setelah dilaksanakan tindakan rata-rata ketuntasan meningkat menjadi sebesar 76,32% pada siklus I dan 94,74% pada siklus II. Keaktifan siswa dalam beberapa indikator pada aspek afektif juga meningkat dari siklus I sampai II. Sedangkan pada aspek afektif, sebelum dilakukan tindakan memiliki rata-rata sebesar 27,74% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 50,44% pada siklus I dan 55,70% pada siklus II. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi crossword puzzle dengan penggunaan media power point dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas X5 SMA Muhammadiyah I Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi crossword puzzle, media power point, keaktifan, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Apr 2012 06:58 |
Last Modified: | 07 Apr 2012 06:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17751 |
Actions (login required)
View Item |