Peningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Flash Card Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Plosorejo Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011

Ekasari, Nur Prapti (2012) Peningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Flash Card Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Plosorejo Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (233kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca melalui metode Flash Card bagi siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Plosorejo Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sehingga metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode proses. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus, yang setiap siklusnya terdri dari 4 tahapan, yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Plosorejo Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 26 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan Tes Lisan ( oral test ) yang berguna untuk mengetahui keterampilan membaca setelah melakukan pembelajaran dengan media Flash Card. Dalam pelaksanaan setiap siklus diperoleh data yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca siswa setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media Flash Card dengan jumlah siswa yang dapat membaca sebanyak 13 pada siklus I menjadi 20 anak pada siklus II dan menjadi 23 anak pada siklus III Berdasarkan keterangan di atas maka dalam Penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran dengan dengan menggunakan media Flash Card dapat meningkatkan kemampuan membaca anak siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Plosorejo Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, media pembelajaran melalui media flash card
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 07 Apr 2012 06:55
Last Modified: 07 Apr 2012 06:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17750

Actions (login required)

View Item View Item