Ekasari, Nur Prapti (2012) Peningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Flash Card Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Plosorejo Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (233kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (152kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca melalui metode Flash Card bagi siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Plosorejo Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sehingga metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode proses. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus, yang setiap siklusnya terdri dari 4 tahapan, yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Plosorejo Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 26 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan Tes Lisan ( oral test ) yang berguna untuk mengetahui keterampilan membaca setelah melakukan pembelajaran dengan media Flash Card. Dalam pelaksanaan setiap siklus diperoleh data yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca siswa setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media Flash Card dengan jumlah siswa yang dapat membaca sebanyak 13 pada siklus I menjadi 20 anak pada siklus II dan menjadi 23 anak pada siklus III Berdasarkan keterangan di atas maka dalam Penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran dengan dengan menggunakan media Flash Card dapat meningkatkan kemampuan membaca anak siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Plosorejo Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca, media pembelajaran melalui media flash card |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 07 Apr 2012 06:55 |
Last Modified: | 07 Apr 2012 06:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17750 |
Actions (login required)
View Item |