Setiawan, Sulistyo Aji (2012) Efektivitas Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan SETS ( Sain Environment Technology and Society) Pada Materi Virus Terhadap Siswa KElas X SMU N 1 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (188kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
Abstract
Siswa kelas Xa SMU N 1 Mojolaban dalam proses pembelajaran siswa ramai dan tidak konsentrasi dalam belajar (46%); siswa tidak aktif dalam pembelajaran (43%); siswa bermain dalam kelas pada waktu belajar (31%); siswa makan dalam pembelajaran (29%); kurang motivasi dalam pembelajaran (23%); siswa ngobrol ketika pembelajaran berlangsung (29%). Berdasarkan hasil observasi maka peneliti dan guru biologi memilih pembelajaran dengan pendekatan SETS untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi menggunakan pendekatan SETS pada siswa kelas Xa SMU N 1 Mojolaban tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model pembelajaran menggunakan pendekatan SETS dan Media Gambar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xa SMU N 1 Mojolaban yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan masingmasing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Analisis data pada penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan tindakan diperoleh ratarata 5,1 dan rata-rata siklus I meningkat sebesar 6,3, siklus II 7,4. Menunjukan setelah diberi materi dengan model pembelajaran menggunakan pendekatan SETS berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal. Untuk aspek afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 12,3 (berminat, sedang), siklus II sebesar 16,2 (berminat, baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran menggunakan pendekatan SETS dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi pokok Virus siswa kelas Xa SMU N 1 Mojolaban tahun ajaran 2009/2010 pada aspek kognitif dan aspek afektif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan SETS, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Apr 2012 06:48 |
Last Modified: | 07 Apr 2012 06:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17749 |
Actions (login required)
View Item |