Penggunaan Teknik Jumping Frog untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika bagi Siswa Kelas II SDN 02 Karang Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011

Mudrikah, Siti (2012) Penggunaan Teknik Jumping Frog untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika bagi Siswa Kelas II SDN 02 Karang Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan teknik jumping frog. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan teknik jumping frog. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas/Class Room Action Research (CAR). Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 02 Karang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik jumping frog dapat meningkatkan hasil belajar yang terlihat dari adanya peningkatan partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok, kemampuan mengidentifikasi pembelajaran dengan teknik jumping frog. Peningkatan proses pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil belajar matematika pada siklus I sebesar 57,58 % dan pada kemampuan akhir semester sebesar 65,19 %. Pada siklus II 65,19 % pada kemampuan akhir 74,81 %. Pada siklus III 74,81 % pada kemampuan akhir 86,67. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan teknik jumping frog dapat meningkatkan hasil belajar Matematika; (2) Penggunaan teknik jumping frog dapat meningkatkan penguasaan materi tentang penjumlahan dan pengurangan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: teknik jumping frog hasil belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 07 Apr 2012 06:44
Last Modified: 07 Apr 2012 07:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17747

Actions (login required)

View Item View Item