Persepsi Guru Matematika SMP Se-kecamatan Welahan Kabupaten Jepara mengenai Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran

Amila, Firda (2012) Persepsi Guru Matematika SMP Se-kecamatan Welahan Kabupaten Jepara mengenai Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustak)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru matematika SMP se-kecamatan Welahan kabupaten Jepara mengenai pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran, yang meliputi (1) peran guru matematika dan sekolah dalam pendidikan karakter, (2) implementasi pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan adalah guru matematika SMP/MTs se-kecamatan Welahan kabupaten Jepara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini guru matematika SMP se-kecamatan Welahan kabupaten Jepara memberikan persepsi bahwa (1) guru dan sekolah berperan penting dalam pendidikan karakter peserta didik. Guru berperan sebagai pemberi teladan, motivator, dan evaluator. Sedangkan peran sekolah seperti membuat tata tertib sekolah, memfasilitasi kegiatan-kegiatan maupun ekstra kurikuler yang dapat mengembangkan karakter siswa dan (2) kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sudah mengintegrasikan pendidikan karakter. Perencanaan pembelajaran dengan menambahkan nilai-nilai karakter dalam pembuatan silabus dan RPP, serta memilih buku ajar, media, dan metode pembelajaran yang mendukung pengembangan karakter siswa. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdapat nilai-nilai karakter di dalamnya. Evaluasi pembelajaran dengan cara memberikan Pekerjaan Rumah (PR) atau tugas-tugas yang dikerjakan seara individu maupun kelompok dan memberikan ulangan atau tes kepada siswa. Kesulitan guru terhadap pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran dikarenakan kurangnya sosialisi pengintegrasian pendidikan karakter tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, pengintegrasian, pendidikan karakter, pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Apr 2012 05:53
Last Modified: 07 Apr 2012 07:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17742

Actions (login required)

View Item View Item