Amila, Firda (2012) Persepsi Guru Matematika SMP Se-kecamatan Welahan Kabupaten Jepara mengenai Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (64kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustak)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru matematika SMP se-kecamatan Welahan kabupaten Jepara mengenai pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran, yang meliputi (1) peran guru matematika dan sekolah dalam pendidikan karakter, (2) implementasi pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan adalah guru matematika SMP/MTs se-kecamatan Welahan kabupaten Jepara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini guru matematika SMP se-kecamatan Welahan kabupaten Jepara memberikan persepsi bahwa (1) guru dan sekolah berperan penting dalam pendidikan karakter peserta didik. Guru berperan sebagai pemberi teladan, motivator, dan evaluator. Sedangkan peran sekolah seperti membuat tata tertib sekolah, memfasilitasi kegiatan-kegiatan maupun ekstra kurikuler yang dapat mengembangkan karakter siswa dan (2) kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sudah mengintegrasikan pendidikan karakter. Perencanaan pembelajaran dengan menambahkan nilai-nilai karakter dalam pembuatan silabus dan RPP, serta memilih buku ajar, media, dan metode pembelajaran yang mendukung pengembangan karakter siswa. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdapat nilai-nilai karakter di dalamnya. Evaluasi pembelajaran dengan cara memberikan Pekerjaan Rumah (PR) atau tugas-tugas yang dikerjakan seara individu maupun kelompok dan memberikan ulangan atau tes kepada siswa. Kesulitan guru terhadap pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran dikarenakan kurangnya sosialisi pengintegrasian pendidikan karakter tersebut.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, pengintegrasian, pendidikan karakter, pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Apr 2012 05:53 |
Last Modified: | 07 Apr 2012 07:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17742 |
Actions (login required)
View Item |